Pantai Torohudan, Pantai Indah di Kanigoro, Gunung Kidul - SITRAVELER.COM

Tuesday, February 22, 2022

Pantai Torohudan, Pantai Indah di Kanigoro, Gunung Kidul

Halo SoVer...

Sudah lama kita tidak berjumpa....

Kali ini aku akan menceritakan sedikit kisah perjalananku mengunjungi salah satu pantai di Gunung Kidul.

Pantai Torohudan-1
Suasana Pantai Torohudan

Belum lama ini, aku bersama dengan temanku berencana untuk melepas penat dengan mendengarkan deburan ombak. Awalnya, kami memutuskan untuk mengunjungi Pantai Woh Kudu dan Kesirat. Namun, di perjalanan, kami mengubah haluan kami menuju Pantai Midodaren. Rencana kami kemudian berubah lagi, ketika menemukan pantai baru yang belum pernah kami jelajahi sebelumnya, yaitu Pantai Torohudan.

Pantai ini berada di daerah Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul, yang berjarak kurang lebih 61 km dari Gejayan, Sleman, DIY. Dengan perjalanan santai menggunakan sepeda motor atau mobil, perjalanan menuju Pantai Torohudan ini bisa ditempuh sekitar kurang lebih 2 jam.

Kami berangkat dari daerah Gejayan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada pukul 11.30. Kami langsung melanjutkan perjalanan melalui daerah Imogiri lalu naik menuju Gunung Kidul melalui daerah Panggang. Setelah itu, kami langsung bergerak menuju daerah Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunung Kidul dan melaju ke pesisir pantai.

Untuk masuk ke pantai ini, SoVer perlu membayar biaya retribusi sebesar 5000 rupiah setiap orangnya. Jangan khawatir, dengan mengeluarkan 5000 rupiah itu kamu tidak akan menyesal, karena kamu akan disugguhkan deretan pantai yang memiliki keindahan dan ciri khasnya masing-masing. Ya... pantai ini berada di deretan Pantai Peyuyon, Pantai Midodaren, Pantai Ngrenehan, dan juga Pantai Ngrawoh.

Ketika kami sampai di Pantai Torohudan, matahari sedang menunjukan kegagahannya dengan memberikan panas yang luar biasa.. ya bisa di bilang panasnya sedang terik-teriknya hehehe...

Sesampainya di sana, kesan pertama yang melintas di pikiranku adalah "panas sekali.. tidak ada tempat berteduh" yaa... di pantai ini sangat minim tempat untuk berteduh... SoVer hanya bisa berteduh di bawah tebing, sebuah gazebo, dan juga payung-payung pantai yang disewakan oleh penduduk sekitar.

Namun, ada kesan yang berbeda ketika aku sampai di sana. Awalnya, aku membayangkan bahwa aku akan menemukan banyak karang, bulu babi, ataupun kelomang, tetapi ternyata dugaanku salah besar. Selama berada di sana, aku sama sekali tidak menemukan adanya kelomang, ataupun bulu babi seperti di pantai sebelah yaitu Pantai Peyuyon. Selain itu, berbeda dengan Peyuyon yang memiliki garis pantai berupa karang, Pantai Torohudan memiliki garis pantai berupa pasir, jadi SoVer bisa langsung bermain pasir dan ombak.

SoVer tidak perlu khawatir jika ingin bermain air atau basah-basahan, karena pantai ini menyediakan beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi dan WC. Selain itu, SoVer juga tak perlu khawatir jika kelaparan atau kehausan, karena di sana juga terdapat warung yang menyediakan kelapa muda, berbagai minuman, mie instan, bahkan nasi goreng.

Pantai Torohudan-2
Pemandangan Pantai Torohudan dari bukit

Hal yang menarik dari pantai ini yaitu kamu dapat menaiki bukit di samping Pantai Torohudan untuk menikmati pantai tersebut dari atas.  Namun, SoVer perlu berhati-hati karena pijakan (tanah dan batu) cukup licin. Warga sekitar telah memberikan alat bantu dan pengaman berupa bambu yang dibentuk seperti pagar, tetapi rasanya bambu tersebut sudah lapuk dan tidak kencang kaitnya sehingga jika tergelincir kamu akan langsung terjun bebas ke pantai dengan ketinggian yang cukup tinggi. Selain itu, space di atas juga tidak banyak. Tidak ada gazebo atau tempat berteduh bagi para pelancong. Jika kamu punya banyak keberanian, tidak ada salahnya untuk mencoba naik ke bukit tersebut, tetapi jika kamu ragu-ragu SoVer tetap bisa menikmati Pantai Torohudan dari bawah.

Fasilitas umum yang terdapat di pantai ini juga cukup lengkap seperti kamar mandi, WC, sebuah, gazebo, warung, dan juga persewaan payung dan tikar.  Jika SoVer tidak membawa tikar dan payung, tenang saja, SoVer dapat menyewa tikar dan payung seharga 20 ribu rupiah.

Jika SoVer berkesempatan untuk berkunjung ke daerah Kanigoro, Gunung Kidul, pantai ini bisa menjadi tujuan wisata kalian.

Berikut aku sertakan pula google maps untuk pergi ke Pantai Torohudan...

Jangan lupa, untuk tetap menjaga kebersihan yaa... sampai jumpa di tulisan lainnya...