Pantai Butuh, Pantai yang Butuh Kamu Kunjungi di Saptosari, Gunung Kidul - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Saturday, February 26, 2022

Pantai Butuh, Pantai yang Butuh Kamu Kunjungi di Saptosari, Gunung Kidul

 Halo SoVer...

Bagaimana kabarmu? 

Kali ini aku akan sedikit bercerita mengenai pengalamanku berkunjung ke salah satu pantai di daerah Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Butuh-1
Suasana Pantai Butuh


Pantai itu adalah Pantai Mbutuh/Butuh yang berada di daerah Krambilsawit, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pantai ini berjarak kurang lebih 49 km dari Titik Nol Yogyakarta. Dengan sepeda motor, perjalanan ke pantai ini dapat ditempuh kurang lebih selama 1,5 jam. 

Untuk masuk ke pantai ini, SoVer tidak perlu membayar biaya retribusi. Sebenarnya, terdapat pos retribusi sebelum SoVer memasuki kawasan pantai, tetapi tidak ada petugas di pos retribusi tersebut, sehingga untuk berkunjung ke pantai ini, SoVer hanya perlu membayar biaya parkir sebesar 3000 rupiah bagi sepeda motor dan 10.000 untuk mobil. 

Dari area parkir, SoVer perlu berjalan sedikit, sekitar 10-20 meter untuk mencapai pantai ini. 

Di pantai ini, SoVer bisa menemukan banyak sekali kelomang, dan juga ikan-ikan kecil. Jika SoVer beruntung, SoVer dapar berjumpa dengan para nelayan lobster yang sedang mencari kerang untuk umpan lobster. 

Pantai Butuh-2
Pemandangan dan kondisi Pantai Butuh


Pantai ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian pasir putih dan karang. Bagian pasir tidak selalu terkena deburan ombak, karena ombak pasti akan menghantam bagian karang.  Jika SoVer ingin bermain air, SoVer dapat berjalan di bagian karang. Di sanalah SoVer dapat menemukan berbagai biota laut Pantai Butuh. 

Fasilitas umum yang disediakan di pantai ini tidak banyak. Di pantai ini hanya terdapat kamar mandi, WC dan juga warung atau toko kecil. Namun, fasilitas tersebut tidak selalu tersedia, karena sepertinya fasilitas tersebut adalah fasilitas milik perseorangan. Di pantai ini juga tidak menyediakan persewaan tikar ataupun payung. Jika SoVer ingin berkunjung ke pantai ini, SoVer bisa membawa tikar, payung, tenda, ataupun flysheet dari rumah, karena pantai ini minim tempat berteduh. 

Saat itu aku berkunjung di siang hari, saat matahari sedang terik, dan tidak ada tempat berteduh, sehingga aku dan temanku kemudian membuat bivak darurat dari jas hujan yang kami bawa untuk melindungi tubuh dari sengatan sinar matahari hihihi....

Sebagai catatan, aku lebih menyarankan untuk datang menggunakan sepeda motor atau mobil yang tinggi, karena jalanan yang dilewati untuk pergi ke pantai ini cukup rusak dan sempit sehingga akan menyulitkan SoVer. Namun, kesulitan itu akan terobati dengan keindahan yang akan SoVer dapatkan di Pantai Butuh. Aku mendapatkan kabar bahwa SoVer juga bisa berkemah atau ngecamp di pantai ini, tetapi jika SoVer ingin berkemah di pantai ini, jangan lupa untuk bertanya terlebih dahulu dengan penduduk sekitar yaa, karena mungkin saja kebijakan tersebut berubah. 

Berikut aku sertakan pula google maps untuk pergi ke Pantai Butuh...


Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan yaa... sampai jumpa di tulisan yang lainnya...

Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done