Pantai Cangkring, Berteduh di bawah Rimbunnya Pohon Cemara Udang - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Tuesday, March 15, 2022

Pantai Cangkring, Berteduh di bawah Rimbunnya Pohon Cemara Udang

 Hai SoVer..

Bagaimana kabarmu? 

Pada tulisan ini, aku akan menceritakan pengalamanku ketika menjelajahi pesisir selatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yaitu kabupaten Bantul. Sudah tidak menjadi rahasia bahwa provinsi ini memiliki banyak sekali pantai, baik pantai berpasir putih, maupun pantai berpasir hitam. Nah, kali ini, aku ingin mengajak SoVer untuk berkunjung ke sebuah pantai pasir hitam di Bantul yaitu Pantai Cangkring. 

Pantai Cangkring-1
Suasana jalan masuk menuju Pantai Cangkring

Pantai ini terletak di selatan kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. 

Pantai ini berjarak kurang lebih 29km dari Titik Nol Kilometer Yogyakarta. Dengan kendaraan bermotor SoVer membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan untuk dapat mengunjungi pantai ini. 

Untuk masuk ke pantai ini, SoVer perlu membayar biaya retribusi sebesar 9.500 rupiah. Namun, jangan khawatir, karena tiket retribusi tersebut tidak hanya berlaku untuk Pantai Cangkring saja, tetapi juga beberapa pantai yang terdapat di sebelah Pantai Cangkring. 

Pantai ini dapat digolongkan menjadi pantai yang belum ramai dikunjungi wisatawan jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang berada di sepanjang lokasi tersebut, seperti Pantai Samas, Pantai Baru, Pantai Pandansari, serta Pantai Goa Cemara. Hal tersebut menjadi kelebihan pantai ini. Suasana yang masih asri, serta hening sungguh memanjakan mata dan telinga. Deburan ombak dan belaian angin pantai serasa terus menemani pengunjung yang datang. Terlebih jika sinar matahari mulai mengintip di sela-sela pohon cemara udang. Sungguh syahdu perasaan yang tercipta di tempat ini. 

Saat aku pergi ke pantai ini, aku tidak menjumpai adanya penjaga parkir, sehingga aku tidak mengeluarkan biaya untuk parkir. Untuk fasilitas umum di pantai ini sayangnya masih kurang memadahi. Di Pantai Cangkring terdapat kamar mandi atau WC, tetapi saat aku ingin menggunakannya, ternyata air di kamar mandi tersebut tidak menyala. Di pantai ini, juga nampak adanya beberapa warung, tetapi saat aku mengunjungi pantai ini, tidak ada pertanda bahwa warung itu beroprasi. Namun, jika SoVer datang ke pantai ini, mungkin saja warung tersebut telah beroprasi. 

Pantai Cangkring-2
Suasana Pantai Cangkring


Di Pantai Cangkring ini, pengunjung dapat bermain pasir dan juga ayunan yang telah disediakan di pantai ini. Selain itu, di pantai ini, terdapat rerumputan yang membuat pantai ini terkesan lebih sejuk dibandingkan dengan pantai yang lainnya. 

Sebagai catatan, aku lebih menyarankan SoVer untuk membawa makanan, minuman, juga alas duduk jika SoVer ingin pergi bertamasya ke pantai ini. Di pantai ini, SoVer juga dapat melakukan aktivitas seperti memasak, menggunakan kompor portable yang sudah di bawa oleh SoVer. Aku rasa tempat ini tepat untuk melakukan kegiatan semacam itu. 

Berikut aku sertakan google maps Pantai Cangkring....

Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan yaa... sampai jumpa di tulisan yang lainnya, dan selamat berlibur!!!


Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done