Candi Mendut-Menilik Kemolekan Candi Mendut - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Thursday, May 2, 2024

Candi Mendut-Menilik Kemolekan Candi Mendut

 Hai SoVer...

Apa kabar? 

SoVer, taukah kamu bahwa di dekat Candi Borobudur terdapat candi yang lain? 

Ya SoVer, di dekat Candi Borobudur terdapat dua candi lain yaitu Candi Mendut dan Candi Pawon. Di tulisan kali ini, aku akan membahas salah satu candi itu yaitu Candi Mendut. 

Candi Mendut 

Candi Mendut berjarak kurang lebih 4 km dari Candi Borobudur. Jika ditempuh dengan kendaraan bermotor memerlukan waktu kira-kira 10 menit dari Candi Borobudur. Namun, jika SoVer berangkat dari kota Yogyakarta, SoVer memerlukan waktu kurang lebih 1,5 jam untuk bisa sampai ke candi tersebut. Untuk pergi ke sana, SoVer bisa menggunakan banyak transportasi seperti motor, mobil, taksi online, bis, dan juga angkutan umum. Akses untuk pergi ke Candi Mendut juga sangat baik, walaupun akan sedikit padat di jam-jam tertentu seperti jam pulang kerja. 

Candi Mendut sendiri tidak sepopuler adiknya, Candi Borobudur. Ya, adiknya, karena ternyata Candi Mendut lebih tua dibandingkan dengan Candi Borobudur. Candi yang bercorak agama Budha ini menjadi tempat peribadahan bagi para penganut Budha. Bisa dibilang candi ini termasuk candi yang sakral bagi penganut Budha. Menurut penuturan penjaga candi, dulunya candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat memperdalam ajaran-ajaran Budha. Di dekat Candi Mendut, Sover juga dapat menemukan Vihara yang tentunya juga dapat dikunjungi oleh SoVer. 

Suasana di sekitar Candi Mendut

Di Candi Mendut kamu bisa melakukan banyak kegiatan seperti duduk-duduk santai, piknik bersama dengan orang-orang yang kalian cinta, berfoto-foto ria, hingga menilik sejarah dari candi ini. Di sana disediakan beberapa bangku agar pengunjung bisa duduk-duduk menikmati keindahan dan kesejukan suasana di sekitar Candi Mendut. Aku sendiri lebih suka untuk duduk di bawah pohon beringin sambil mengamati pelancong yang lalu lalang, atau melihat ayam dan kucing berlarian di sekitar candi. Oh iya, SoVer juga bisa membawa alas duduk untuk duduk di rerumputan, tetapi SoVer juga harus hati-hati jika tidak mau terkena 'ranjau' kucing dan ayam. 

Untuk masuk ke candi ini SoVer hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10.500. Murah bukan????  Di sekitaran Candi Mendut, SoVer bisa menemukan  banyak pedagang makanan dan juga oleh-oleh seperti tas rotan, patung-patung kecil, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Tentunya ketika SoVer membeli oleh-oleh tersebut, coba untuk menawar ya.. tetapi jangan menawar terlalu banyak agar kita bisa membantu ekonomi penduduk di sekitar candi juga. 

Suasana Candi Mendut


Oh ya, jika SoVer pergi ke sana, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan jangan mencoret-coret bebatuan candi karena itu adalah salah satu peninggalan yang harus kita jaga. 

Berikut aku sertakan google maps Candi Mendut..... Selamat berkunjung ke sana!! 


Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done