EloProgo Art House Hidden Gem di Wanurejo, Magelang - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Tuesday, April 23, 2024

EloProgo Art House Hidden Gem di Wanurejo, Magelang

 Hai SoVer?

Apa kabar? 

Sudah lama tidak bertemu ya.... 

Di tulisan ini, aku akan menceritakan satu tempat yang akhirnya seperti menjadi tempat yang sangat nyaman untukku. Tempat ini berada di barat laut kota Yogyakarta yaitu di daerah Wanurejo, Magelang, Jawa Tengah. Ya tempat ini sedikit jauh dari kota Yogyakarta. Kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam dari pusat  kota Yogyakarta.  Walaupun jauh dari kota Yogyakarta, tetapi tempat ini cukup dekat dengan Candi Borobudur dan Mendut. Apa nama tempatnya? Namanya adalah EloProgo Art House. 

EloProgo Art House di malam hari

EloProgo Art House merupakan salah satu kafe dan homestay di daerah Wanurejo. Daerah Wanurejo sendiri memang merupakan salah satu daerah di Magelang, Jawa Tengah yang terkenal dengan homestay dan kafe dengan pemandangan alam yang indah. Lalu, mengapa EloProgo Art House berkesan untukku? dan kenapa SoVer harus datang ke sana? Di tulisan ini, SoVer akan segera mengetahuinya. 

EloProgo Art House dimiliki dan dikelola secara langsung oleh keluarga Pak Sony, seorang seniman kontemporer Indonesia. Sebenarnya tempat ini sudah dibangun sejak lama. Di tempat ini SoVer bisa menikmati pemadangan sungai Elo, Progo, dan jika cuaca sedang cerah, SoVer bisa melihat Gunung Sumbing dan Merapi yang sesekali muncul dari balik awan. Di bagian belakang kafe dan homestay SoVer juga bisa berkunjung ke galeri lukis milik Pak Sony. Jika SoVer berjalan ke arah belakang, SoVer juga akan menemukan taman dengan pohon yang sangat  besar. Dari situ SoVer bisa melihat pertemuan dua sungai, sungai Elo dan sungai Progo. 

Homestay EloProgo Art House

Pertemuan Sungai Elo dan Progo


Untuk harga makanan dan minuman di sana dibandrol mulai dari 20 ribu hingga 70 ribu, tetapi SoVer juga bisa memesan beberapa makanan yang tidak ada di dalam menu. Bisa dibilang harga makanan di tempat itu terbilang lebih tinggi daripada kafe-kafe yang lain, tetapi tenang saja SoVer porsi makanan di sana terbilang besar dan terasa seperti makanan sehat dan terbuat dari bahan yang baik dan fresh. 

Jujur saja SoVer, aku sangat terpesona dengan tempat ini. Di tempat ini rasanya sangat damai dan tenang. SoVer bisa bercengkrama dengan teman-teman SoVer, atau jika SoVer datang sendirian, SoVer bisa membaca buku sambil mendengarkan suara air sungai yang sangat menenangkan. Bahkan dalam satu bulan aku bisa mengunjungi tempat ini sebanyak empat kali walaupun jaraknya jauh dari Yogyakarta. Aku tidak tau kenapa tempat ini seperti mempunyai daya tariknya sendiri. Arsitektur bangunan yang tidak biasa dan atmosfer yang baru dan sejuk mungkin memberikan suasana tersendiri yang membedakan EloProgo Art House dengan tempat yang lain.  Mungkin juga karena Pak Sony dan keluarganya selalu menyambut para tamu dengan keramahan mereka. Jika sedang luang, Pak Sony akan mendatangi para tamunya dan sedikit berbincang tentang kehidupan. Begitu juga dengan istirnya, beliau sangat ramah dan baik, terkadang beliau juga memberikan bonus makanan ringan kepada para tamunya. 


Pemandangan dari EloProgo Art House

Jika SoVer juga ingin menginap di sana, SoVer bisa menyewa kamar dengan harga mulai dari 700 ribu tergantung dari tipe kamarnya. Oh ya, sebelum pandemi Covid-19 tempat ini juga aktif digunakan sebagai tempat berkumpulnya para seniman dan penggiat seni, bahkan beberapa penyanyi Indonesia menulis  lagunya di sini. Beberapa kali tempat ini juga digunakan sebagai lokasi syuting beberapa film Indonesia. Untuk kalian yang suka berfoto ria, ada banyak spot foto menarik di sana!!

Jika SoVer sedang berkunjung ke daerah Magelang, Borobudur, atau Kulon Progo SoVer bisa berkunjung ke tempat ini. Aku lebih senang berkunjung ke tempat ini di sore hingga malam hari karena suasananya lebih tenang. Namun, SoVer bisa datang kapan pun ya. Oh ya, lebih aman SoVer datang diantara jam operasional jam 09.00 WIB hingga 20.00 WIB. Aku tidak menyarankan untuk pulang larut malam karena jalanan di sekitar EloProgo Art House gelap dan tidak banyak orang berlalu lalang. 

Berikut aku sertakan google maps untuk ke EloProgo Art House..Selamat berkunjung ke sana ya...

Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done