Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang-Bilik Doa Semua Agama - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Friday, May 3, 2024

Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang-Bilik Doa Semua Agama

 Haloo SoVer kembali lagi dengan Sitraveler.com..

Apa kabar? semoga kalian dalam keadaan baik dan bahagia...

Di tulisan sebelumnya, aku sudah membahas tentang Candi Mendut yang berada di kawasan wisata Candi Borobudur. Nah kali ini, aku akan membahas salah satu tempat wisata yang bisa kamu datangi jika SoVer masih berada di sekitar kawasan itu. 

Apakah SoVer pernah melihat tayangan film Ada Apa Dengan Cinta 2? Itu yang pemainnya selalu dipuja oleh wanita dan pria Indonesia.. Nicholas Saputra dan Dian Sastrowardoyo. Nah SoVer kalau kalian ingat, di dalam film itu Cinta dan Rangga sempat berjalan-jalan di sekitar kawasan Borobudur untuk melihat matahari terbit. Salah satu tempat yang mereka datangi adalah Gereja Ayam Bukit Rhema Magelang. Nah, kali ini, aku akan membahas mengenai tempat itu.

Gereja Ayam Bukit Rhema

SoVer ternyata selama ini kita salah menilai bentuk bangunan itu. Menurut penuturan pemandu wisata di sana, sebenarnya bentuk bangunan itu adalah bentuk burung merpati bukan ayam hihihihi, tetapi masyarakat sudah terlanjur mengenal tempat itu dengan nama Gereja Ayam. 

Bangunan ini dibangun oleh Bapak Daniel Alamsjah. Bapak Daniel Alamsjah ini aktif dalam kegiatan kemanusiaan seperti mendampingi orang-orang yang mengalami gangguan jiwa, kenakalan remaja, dan orang-orang yang ketergantungan menggunakan narkoba. 

Pemandangan Gereja Ayam dari samping 


Dengan mengunjungi Gereja Ayam Bukit Rhema ini SoVer turut serta membantu mereka juga karena biaya operasional panti rehap tersebut juga diambil dari keuntungan Gereja Ayam ini. 

Gereja Ayam ini terletak di Karangrejo Gombong, Kurahan, Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah 43 kilometer dari Yogyakarta. Jika SoVer berangkat dari kota Yogyakarta, SoVer perlu menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam, tetapi jika SoVer berangkat dari Candi Borobudur, SoVer hanya memerlukan waktu selama 11-15 menit saja. 

Untuk pergi ke sana tidak semudah Candi Mendut karena letaknya yang perlu masuk ke daerah perkampungan. SoVer bisa datang menggunakan kendaraan pribadi ya. 

Untuk bisa pergi ke Gereja Ayam Bukit Rhema ini, SoVer perlu menitipkan kendaraan di tempat yang sudah disediakan dan perlu berjalan kaki untuk pergi ke sana. Jika SoVer malas untuk berjalan kaki, ada shuttle bus yang disediakan oleh pihak tempat wisata tersebut, tetapi SoVer perlu membayar 15.000 rupiah untuk pulang pergi. 

Aku sendiri lebih menyarankan untuk naik shuttle karena jalanan untuk pergi ke sana menanjak, curam, dan berlumut, jadi SoVer harus berhati-hati ya. 

Tiket masuk ke Gereja Ayam Bukit Rhema ini dibandrol seharga Rp 25.000. Setelah membayar tiket itu, SoVer akan mendapat kupon singkong goreng gratis yang bisa ditukarkan di kedai dan SoVer juga akan ditemani oleh pemandu yang akan menjelaskan sejarah Gereja Ayam ini. 

Menikmati Singkong Goreng dengan Pemandangan Indah


Di Gereja Ayam ini, SoVer bisa naik ke bagian atas atau mahkota burung merpati itu. Di sana SoVer bisa berfoto Ria. Setiap grup pengunjung hanya diperbolehkan berada di atas selama 7-10 menit. Namun, itu juga bisa berubah tergantung dengan kondisi di sana.

Di dalam bangunan ini, juga terdapat banyak fasilitas seperti kedai makanan, restoran, spot foto, museum, tembok harapan, dan yang paling menarik adalah tempat berdoa untuk setiap agama. Ya, di dalam bangunan ini terdapat bilik-bilik doa yang dapat SoVer gunakan untuk bermeditasi. 

Selain itu, di sana juga menyediakan kedai dan restoran. Di kedai tersebut, SoVer bisa menukarkan kupon SoVer dengan singkong goreng. Singkong goreng tersebut adalah produk UMKM masyarakat setempat. 

Bagian dalam Gereja Ayan


Suasana di Gereja Ayam ini sangat sejuk, di beberapa bagian bahkan terkesan dingin. Dari kedai, restoran, dan dalam bangunan Gereja Ayam ini, SoVer bisa melihat pemandangan pegunungan di sekitar sana. Jika beruntung, SoVer juga bisa melihat Candi Borobudur dari tempat ini. 

Oh ya SoVer, di beberapa bagian tempat itu pengunjung tidak diperbolehkan untuk mengambil dokumentasi. Pemandu dari Gereja Ayam akan memberitahu area di mana pengunjung bisa mendokumentasikan tempat tersebut. 

Selamat berkunjung ke sana SoVer! Tetap jaga kesehatan dan kebersihan! 




Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done