Pantai Peyuyon, Bermain bersama Bulu Babi di Pantai Peyuyon Gunung Kidul - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Sunday, January 23, 2022

Pantai Peyuyon, Bermain bersama Bulu Babi di Pantai Peyuyon Gunung Kidul

Halo sobat traveler... maaf karena aku jarang update yaa...tapi tenang saja.. aku menemukan hidden gems lain di Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu Pantai Peyuyon.

Daerah Istimewa Yogyakarta ternyata masih menyimpan banyak sekali keindahan alamnya khususnya pantai pasir putihnya yang indah. Belum lama ini aku berkunjung ke salah satu pantai yang bisa dibilang sangat asri. Ya, SoVer pasti sudah tahu aku akan membahas pantai apa...

Pantai Peyuyon 1
Pemandangan Pantai Peyuyon

Pantai yang berada di samping Pantai Midodaren ini memberikan kesan yang sangat berbeda untukku. Setibanya di pantai itu, aku langsung terkesima dengan keindahannya. Khususnya ketika sinar matahari menyusup diantara bebatuan. Ternyata, bukan hanya itu saja yang membuat pantai ini menarik. 

Jika SoVer datang di waktu yang tepat, SoVer akan bertemu dengan para pencari lobster. Saat berkunjung ke sana, aku dan temanku sempat berbincang-bincang dengan para pencari lobster itu yang ternyata akan mencari umpan lobster. Perbincangan yang singkat itu memberikan pengalaman yang luar biasa. Dari cerita beliau dan melihat bagaimana beliau mencari umpan lobster membuatku terenyuh. Di balik mahal dan nikmatnya hewan laut itu, terselip perjuangan para pencari lobster yang sangat luar biasa.

Matahari semakin berada di atas kepala kami, dan air laut semakin surut. Betapa terkejutnya aku, karena di sela-sela bebatuan aku menemukan banyak sekali bulu babi, ikan hias, gurita, dan juga bintang laut. Jujur saja aku sangat terkesima dengan pemadangan itu, karena sebelumnya aku hanya dapat melihat hewan-hewan itu di tv (ya kalian pasti tahu program televisi apa yang menyiarkan dunia laut ini hehehhe). Aku rasa, dengan adanya hewan-hewan laut tersebut menjadikan Pantai Peyuyon ini istimewa. 

Pantai Peyuyon 2
Bulu Babi, Hewan Laut yang dapat Ditemukan di Pantai Peyuyon


Pantai ini berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Yogyakarta. SoVer akan memerlukan waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam perjalanan. Aku lebih menyarankan untuk melewati daerah Panggang, Gunung Kidul untuk menghemat waktumu. 

SoVer tak perlu takut tersesat, karena kalian juga bisa menggunakan maps sebagai penunjuk arah. Untuk masuk ke panti ini, SoVer hanya memerlukan biaya 5000 rupiah, dan juga 2000 rupiah untuk parkir jika kalian menggunakan sepeda motor. Dengan biaya tersebut, sebenarnya SoVer dapat berkunjung ke dua pantai sekaligus yaitu Pantai Peyuyon dan Pantai Midodaren karena letaknya yang bersebelahan. Mungkin beberapa SoVer sudah mengenal Pantai Midodaren, karena pantai ini kerap menjadi tempat untuk berkemah atau ngecamp. 

Jika SoVer ingin mengunjungi Pantai Peyuyon ini, aku sarankan untuk memilih tempat parkir yang paling unjung dekat dengan pantai Midodaren agar kalian tidak berjalan terlalu jauh. Setelah memarkirkan kendaraan, SoVer perlu berjalan selama kurang lebih 10 menit. Meskipun jalan yang dilalui tidak mulus, banyak bebatuan dan nampak seperti kebun, kalian tidak perlu khawatir, karena kalian akan menemukan pantai yang sangat cantik. 

Namun, SoVer perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan fasilitas umum yang tersedia di Pantai Peyuyon ini. Di Pantai Peyuyon tidak menyediakan kamar mandi atau WC sehingga SoVer perlu berjalan ke Pantai Midodaren untuk mandi atau buang air kecil dan besar. Selain itu, di Pantai Peyuyon ini SoVer tidak akan menemukan warung makanan. Seperti kamar mandi, untuk membeli minum dan makanan, SoVer perlu berjalan ke Pantai Midodaren. 

Pantai ini bisa diakses menggunakan motor, mobil pribadi, atau mini bus. Untuk bis berukuran besar aku kurang yakin apakah bis tersebut bisa masuk  ke daerah tersebut. Untuk pergi ke Pantai Peyuyon ini, diperlukan konsentrasi yang cukup untuk mengemudikan kendaraan, khususnya sepeda motor karena jalan cukup berbatu dan licin. 

Sebagai masukan, aku lebih menyarankan SoVer untuk mengunjungi Pantai ini di pagi atau siang hingga sore hari, karena aksesnya yang cukup sulit. Selain itu, aku rasa SoVer juga lebih aman untuk mengunjungi pantai ini di kala musim kemarau agar jalanan pasir dan tanah liat yang akan teman-teman lalui tidak terlalu licin. Oh iya.. karena di pantai ini terdapat banyak bulu babi, aku menyarankan untuk jangan melepas alas kaki mu, dan berhati-hati jika memainkan bulu babi karena hewan laut yang satu itu dapat membuatmu demam jika tertusuk durinya. 

Kalau kalian bertanya kepadaku mengenai pantai ini, aku akan menjawab bahwa aku jatuh cinta pada pandangan pertama kepada pantai ini... aku sangat berharap SoVer bisa mengunjungi pantai ini...

Jika SoVer ingin menemukan kesan dan pengalaman baru berkunjung ke pantai, aku sangat merekomedasikan pantai ini untuk dikunjungi..


Berikut, aku sertakan google maps untuk pergi ke Pantai Peyuyon ini....


Jangan lupa, untuk tetap menjaga kebersihan yaa... Sampai jumpa di tulisan yang lainnyaa... 

Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done