Waduk Sengon, Mengunjungi Sumber Mata Air di Kaki Gunung Sindoro - SITRAVELER.COM
News Update
Loading...

Saturday, January 22, 2022

Waduk Sengon, Mengunjungi Sumber Mata Air di Kaki Gunung Sindoro

Halo SoVer... bagaimana kabarmu? Aku harap kalian dalam kondisi sehat yaaa...

Kali ini, aku akan menceritakan pengalamanku ketika pergi ke Temanggung, Jawa Tengah.

Beberapa waktu yang lalu, aku berkesempatan untuk berkunjung ke rumah salah satu temanku yang terletak di kaki Gunung Sindoro. Dari kota Yogyakarta, aku dan temanku perlu menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam menggunakan sepeda motor. Sesampainya di Temanggung khususnya daerah Bansari, temanku mengajak kami untuk mengunjungi salah satu objek wisata di sana yaitu Waduk Sengon. Dari Desa Bansari, kami hanya membutukan waktu kurang lebih 10 menit saja untuk mencapai Waduk Sengon.  


Waduk Sengon 1
Pendopo Waduk Sengon


Sebagai gambaran, Waduk Sengon ini merupakan salah satu objek wisata di kota Temanggung yang memiliki cerita tersendiri. Tempat ini juga kerap digunakan untuk kegiatan yang berkaitan dengan adat dan budaya seperti kegiatan nyadran. 

Ketika sampai di aduk ini,  SoVer akan disambut dengan beberapa penjual makanan. Kebetulan, kami datang ke sana saat musim liburan, sehingga kondisi waduk terkesan cukup ramai. 

Ketika masuk ke objek wisata tersebut, bulu kudukku sempat berdiri. Bukan tanpa sebab, karena entah mengapa objek wisata ini terasa sangat sakral. 

Sebenarnya, selain menjadi objek wisata, tempat ini merupakan sumber mata air bagi penduduk sekitar. Jika dilihat ke sekelilingnya, SoVer akan menemukan sebuah kolam air yang sangat jernih, di mana di tengahnya terdapat sebuah gazebo. SoVer juga akan menemukan sebuah pohon beringin yang sangat besar yang terletak di pojok Waduk Sengon ini. 

Sebelumnya, temanku sempat menunjukan bagaimana kondisi objek wisata tersebut sebelum kedatanganku. Ternyata, sebelumnya, gazebo yang terletak di tengah tersebut tidak ada. Selain itu, saat ini juga ditambahkan sebuah kolam renang kecil di bawah waduk tersebut. Di dalam waduk itu, SoVer dapat melihat dengan jelas berbagai jenis ikan yang tinggal di waduk tersebut karena air waduk tersebut sangan jernih dan berwarna biru ke hijauan. Sungguh pemandangan yang sangat indah. Tak berhenti di situ saja, jika SoVer melihat ke arah kota, SoVer akan melihat pemandangan perkotaan, karena letak waduk ini berada di pengunungan. 

Sobat Traveller tidak perlu khawatir dengan fasilitas umum yang tersedia di Waduk Sengon ini. Di Waduk Sengon ini, juga tersedia kamar mandi, dan toilet untuk wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Namun, aku tidak menemukan adanya alat transportasi yang dikhususkan untuk menuju ke daerah ini. 

Waduk Sengon 2
Kolam Renang Waduk Sengon


Selain itu, untuk masuk ke objek wisata ini, SoVer hanya memerlukan biaya untuk parkir saja sebesar 2000 rupiah. SoVer tidak perlu khawatir jika pergi ke objek wisata ini karena aksesnya sangat mudah. Namun, aku tidak menyarankan untuk pergi di malam hari, karena nampaknya akan menjadi sedikit menyeramkan dan gelap. 

Namun, Embung Senja ini dapat menjadi referensi objek wisata di kota Temanggung ini. Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke objek wisata yang satu. Jika SoVer pergi ke objek wisata ini, cobalah untuk bermain air, karena air di sini  cukup dingin dan menyegarkan.


Berikut aku sertakan juga google maps untuk pergi ke Waduk Sengon ini....


Jangan lupa untuk ikut serta menjaga kelestarian objek wisata ini yaa.... selamat berkunjung

Share with your friends

Give us your opinion

Notifikasi
Selamat Datang di TRAVELER.COM | Have a nice Day! 😊
Done